Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2019

Hasil Kualifikasi MotoGP Austria 2019

Hasil kualifikasi motogp austria 2019

Marc Marquez akan memulai balapan Grand Prix MotoGP Austria dari urutan terdepan setelah menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi, Sabtu (10/8/2019) malam WIB, di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

Marquez mencatatkan waktu 1:23,027 detik yang sekaligus merupakan rekor anyar di sirkuit ini. Di belakangnya ada Fabio Quartararo yang mendesak naik di saat-saat terakhir dengan catatan waktu 1:23,461 dan Andrea Dovizioso yang sempat kesulitan tetapi kemudian sukses membukukan waktu 1:23,515.

Ketika latihan bebas keempat berakhir Vinales berhasil menjadi pebalap tercepat, disusul Dovizioso dan Marquez. Dengan kata lain, penghuni tiga besar tak berubah dari latihan bebas ketiga sore tadi. Hanya susunannya yang berubah karena sebelumnya Marquez ada di puncak dan Dovizioso di urutan ketiga.

Bersama mereka, tujuh pebalap lain yang berhak untuk mengikuti kualifikasi kedua adalah Danilo Petrucci, Fabio Quartararo, Valentino Rossi, Jack Miller, Takaaki Nakagami, Alex Rins, dan Pol Espargaro. Dua nama terakhir bakal ditentukan di kualifikasi satu yang diikuti oleh nama-nama macam Cal Crutchlow, Franco Morbidelli, Johann Zarco, dan Andrea Iannone.

Pada awal-awal kualifikasi satu pebalap Malaysia, Hafizh Syahrin, sempat berada di posisi teratas untuk merebut dua tempat tersisa di kualifikasi dua. Akan tetapi, Hafizh kemudian tergusur jauh ke belakang. Memasuki lap terakhir di kualifikasi satu, Pecco Bagnaia dan Crutchlow sukses menempati urutan satu dan dua.

Bagnaia dan Crutchlow, pada putaran pemungkas itu, sempat mendapat ancaman dari Morbidelli dan Miguel Oliveira, tetapi mereka berhasil menemukan kembali performa terbaik. Bagnaia dan Crutchlow pun akhirnya berhak mengikuti kualifikasi dua.


Pada kualifikasi dua, Vinales langsung menggebrak dengan jadi pebalap pertama yang mencatatkan waktu tercepat. Pemuda Spanyol itu pun tidak langsung puas karena pada lap kedua dia sukses memperbaiki torehannya. Namun, tak lama kemudian Marquez mulai 'mengacaukan' segalanya. Dia mencatatkan waktu 1:23,359 dan menyodok ke urutan teratas.

Pada awal kualifikasi dua ini Ducati agak kesulitan. Padahal, Red Bull Ring semestinya adalah salah satu 'kerajaan' mereka. Miller jadi yang terbaik dengan menempati urutan empat, sementara Dovizioso di peringkat enam dan Petrucci kesembilan.

Di tengah kesulitan Ducati itu Marquez bak menabur garam di atas luka dengan mencatatkan rekor sirkuit baru 1:23,027. Dia pun, di saat yang bersamaan, memperlebar jarak dengan Vinales yang tertinggal hampir setengah detik penuh.

Walau demikian, buruknya nasib Ducati itu tak berarti nasib buruk untuk Dovizioso. Setelah Petrucci mengalami crash dan turun ke posisi terakhir, Dovizioso menembus tiga besar dengan menggusur Vinales. Pada akhirnya, Dovizioso sendiri juga ikut tergusur, tetapi dia hanya turun ke urutan tiga.

Tiba-tiba saja di detik-detik akhir Quartararo mendesak naik. Pebalap Prancis itu sanggup menyodok ke urutan dua sekaligus menggusur Vinales ke posisi empat. Walau begitu, nasib Vinales masih jauh lebih bagus dari Rossi yang besok bakal start dari posisi kesepuluh.

Berikut hasil 10 besar kualifikasi MotoGP Austria 2019.


Referensi : https://buc.kim/d/4CiOecbaKqmh

0 Comments

Posting Komentar