MotoGP British Full Race, Silverstone 2019

MotoGP British Full Race, Silverstone 2019

MotoGP british full race silverstone 2019
Date : August 25, 2019
Circuit : Silverstone
Previously :
Austria MotoGP Full Race, Red Bull Ring 2019

Highlight


Empat Hal yang Membuat Sobat Harus Nonton

Tak hanya para pembalap, para fans juga menantikan balapan yang digelar di salah satu sirkuit tertua di dunia tersebut.

Berikut beberapa alasan yang membuat MotoGP Inggris 2019 harus ditonton, sebagaimana dirangkum racinglook.com dari Bolasport.com dan Crash.net.

Peluang Tampilnya Juara Baru

MotoGP Inggris terkenal sebagai salah satu seri yang paling sering memunculkan juara baru pada setiap musimnya.

Bahkan, dalam lima musim terakhir ada lima pembalap berbeda yang berhasil keluar sebagai juara.

Secara berturut-turut Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Andrea Dovizioso menjadi yang tercepat di Silverstone pada lima balapan terakhir MotoGP Inggris.

Dengan demikian, tidak ada rider yang mendominasi Sirkuit Silverstone, sehingga peluang untuk munculnya juara baru tetap terbuka lebar.

Kembalinya Jorge Lorenzo ke Lintasan

Jorge Lorenzo telah absen selama kurang lebih dua bulan sejak mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas MotoGP Beland 2019 akhir Juni lalu.

Juara dunia MotoGP tiga kali itu akan kembali membalap di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini setelah selesai menjalani proses pemulihan cedera.

Kembalinya Lorenzo tentu sungguh dinantikan, mengingat dirinya adalah satu-satunya rider yang mampu membukukan dua kemenangan berturut-turut di Sirkuit Silverstone.

Catatan langka tersebut ditorehkan Lorenzo pada musim 2012 dan 2013.

Hingga kini, Lorenzo juga masih memegang rekor kemenangan terbanyak di Sirkuit Silverstone dengan raihan 3 kemenangan.

Kebangkitan Yamaha

Tak dapat dimungkiri Yamaha adalah brand motor yang paling sukses di Sirkuit Silverstone.

Sejak MotoGP Inggris mulai menggelar balapan di Sirkuit Silverstone pada musim 2010, Yamaha sudah menjuarai empat seria.

Dengan catatan mentereng tersebut, kiranya tidak akan ada yang terkejut jika tim berlambang garpu tala ini kembali memenangi MotoGP Inggris.

Catatan buruk Marc Marquez di Silverstone

Dominasi Marquez dan Honda yang sangat kentara dalam beberapa musim terakhir cukup memunculkan kebosanan di antara para fans MotoGP.

Oleh karena itu, kekalahan Marquez akan memunculkan kembali antusiasme di antara para penggemar, pengamat, maupun pembalap lain.

Kekalahan tersebut bisa saja kembali dialami Marquez di Sirkuit Silverstone yang notabene bukan sirkuit favoritnya.

Dari lima seri yang telah dia lakoni, Marquez hanya mampu memetik satu kemenangan dan naik podium satu kali. Atas catatan buruk tersebut, rider lain punya peluang yang sangat besar untuk dapat mencuri kemenangan di Sirkuit Silverstone akhir pekan ini.

Hasil Kualifikasi


Pada sesi kualifikasi pertama (Q1) MotoGP Inggris 2019, 12 pembalap memperebutkan 2 tempat untuk lolos ke kualifikasi kedua (Q2) (24/8/2019).

Alex Rins (Suzuki) dan Andrea Dovizioso (Ducati) berhasil lolos ke kualifikasi kedua (Q2).

Hingga akhirnya sesi kualifikasi telah selesai. Dan pole position diraih oleh Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang memecahkan lap rekor baru sirkuit Silverstone dengan 1 menit 58,168 detik. Dengan begitu Marquez berhasil menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Inggris 2019, Sabtu (24/8/2019).

Marc Marquez kembali mengamankan pole position usai meraih waktu putaran tercepatnya yakni 1 menit 58,168 detik dalam kualifikasi MotoGP Inggris 2019.

Sementara di urutan kedua Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) mampu memperbaiki catatan waktunya dengan hanya terpaut 0,4 detik dari Marquez.

Jack Miller (Pramac Racing) melengkapi baris start terdepan. Dia harus puas di posisi tiga setelah kalah cepat dari Marquez dan Rossi saat time attack pada detik terakhir.

Berikut 10 besar hasil kualifikasi MotoGP Silverstone 2019.

MotoGP british full race silverstone 2019

Hasil Race


Posisi start awal Marquez, Rossi, Alex Rins dan Vinales. Kecelakaan hebat terjadi di tikungan keluar T1 saat Quartararo jatuh dan ditabrak oleh Dovizioso, keduanya out dari balapan.

Lap kedua Valentino Rossi harus mengakui kecepatan motor Suzuki Alex Rins dan menggeser posisi Rossi di urutan ke-2.

(foto : motogp.com)

Valentino Rossi sepertinya alami masalah untuk tetap bertahan di posisi -2. Rins hanya berjarak 0,2 detik di belakang Marquez dan memisahkan diri dari Rossi dengan jarak 1,3 detik.

Vinales lebih cepat 0,4 detik daripada rekan setimnya dan berada di urutan ke 4, dan mulai mendekat. Dan di lap ke-7 berhasil menyalip Rossi.

Di lap 9 Rins sempat memimpin atas Marquez di tikungan 1, namun tak berapa lama Marc mengambil alih, sepertinya dua pembalap terdepan yang akan duel berebut posisi pertama (Marc vs Rins).

Sementara di grup 2 ada dua pembalap Yamaha Vinales dan Rossi. Lap 11 Marquez bukujab fast lap, Rins masih mampu mengimbanginya sementara Vinales kesulitan mendekati.

Lap 12 Marquez dan Rins terlihat nyaman di depan, Vinales hampir 0,5 detik lebih lambat. Barisan depan diisi oleh 3 pembalap Spanyol ( Marc-Rins-Vinales).

Lap 15, Marquez unggul hingga 0,2 detik dari Rins, Viñales tertinggal 2 detik dari mereka. Valentino Rossi dalam kesulitan memacu motornya tertinggal hampir 9 detik dari pimpinan lomba.

Berikut hasil dan full race MotoGP Silverstone 2019.



Full Race


0 Comments

Posting Komentar