Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King

Batas Ukuran Ganti Ban Lebar Pada MX King

upgrade ban mx king

Memodifikasi ban bisa bikin tampilan motor jadi terlihat beda. Apalagi jika ban yang dipakai berukuran lebar alias gambot.

Namun dalam memodifikasi ban motor tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Perlu kejelian saat memilih ukuran ban yang cocok untuk velg standar bawaan pabrik.


Untuk itu, bagi kalian pengguna motor MX King yang mau melebarkan ukuran bannya tanpa ganti velg atau velg standar, berikut ini tipsnya memilih ban yang cocok untuk ganti ban yang sesuai.

Pasalnya jika salah pilih ukuran ban sedikit saja, akan kelihatan tidak tambah besar, malah kelihatan kecil bannya, dan lebih parah lagi bisa berbahaya.

mx king ban 150/60
(MX King Ban Lebar Velg Standar)

Untuk batas ban depannya sendiri yang cocok plus tidak mentok ke spakbor dan agar handling tidak terlalu berubah, cukup besarin sedikit dari ukuran aslinya yaitu ukuran 80/90-17.

Bisa juga yang ukuran 90/80-17, karena MX King 2019 sendiri sekarang memakai ukuran 90/80-17. Tapi harus kasih ubahan pada spakbor depan, karena sangat mungkin bisa mentok sama spakbor.

Saya sendiri memakai yang ukuran 90/80-17, waktu itu memang ban sama spakbor tidak mentok, tapi mepet banget.

Untuk jaga-jaga barangkali kena lubang di jalan yang pasti bakal kena spakbor juga, akhirnya saya ganti spakbor depan memakai spakbor MX King yang keluaran 2019.

ban depan mx king 90/80
(Ban depan MX King 90/80-17)

Menurut bro Risdiken, jika lebih dari ukuran tadi handling akan berat dan berbahaya, apalagi buat manuver atau berbelok, akan membutuhkan tenaga extra dari biasanya, dan bisa juga akan kelihatan kecil bannya.

"Saudaraku pemilik jupiter MX King soalnya pernah ganti ban lebih dari itu hasilnya ban kelihatan kecil, makanya dibalikin ukuran 80/90/17 tadi."

Tulis bro Risdiken pada, Selasa (21/06/2016).

Jika ban terlalu besar bagian belakang sedangkan depannya kecil akan kelihatan janggal, apalagi terlalu besar.

Jadi cukup dibesarin sedikit saja dengan ukuran 80/90-17 atau 90/80-17. Ingat, jangan lebih dari itu karena handling akan berubah secara extreme.

Lanjut pada bagian belakang. Memang berapa sih batas maksimal memasang ban belakang untuk MX King tanpa ganti velg? jawabannya yaitu 150. Ukuran 150 sendiri ada berbagai macam, ada yang 150/70-17 ada yang 150/60-17.

Nah, lebih baik pilih yang 150/60-17. Karena jika memakai ukuran 150/70-17 akan keliahatan mendonat. Tapi itu semua kembali ke selera masing-masing, terserah kalian pilih yang mana.

Kenapa tidak 140 saja? Alasannya kalau ukuran 140 mending 130 saja, karena beda tipis. Oleh karena itu mending langsung lompat ke ukuran 150.

Untuk ukuran 160 sendiri sudah tidak bisa, karena bannya sudah mentok ke arm.

Batas ban maksimalnya cukup yang ukuran 150 saja. Selain itu juga velgnya kurang besar, jadinya akan telihat kurang serasi.

mx king ban belakang 150/60
(Ban belakang MX King 150/60-17)

Untuk urusan akselerasi sendiri jangan ditanya, namanya saja ban dilebarin pasti terasa berat dari biasanya, karena beban roda semakin tinggi dan mesin cepat panas.

Selain itu, bahan bakar akan jadi lebih boros dan mesin cepat rusak karena beban tersebut. Tetapi ada tipsnya nih, biar tarikan motor tetap enteng dan tidak boros bensin. Kalian bisa baca juga di bawah berikut,


Jadi, batasnya cukup yang sudah dijelaskan tadi ya, yaitu ban depan 80/90 atau 90/80 dan belakang 150/60. Tidak mengapa jika kurang dari itu, karena semua tergantung selera masing-masing, berikut ini penampakannya jika kita lihat ban depan dan belakang dari samping.

upgrade ban mx king
(Ban depan 90/80 dan belakang 150/60)

Tetapi jika semua lebih dari ukuran tersebut, permukaan ban tidak menyentuh jalan secara maksimal. Kemungkinan hanya bagian tengah. Dampaknya, daya cengkeram berkurang drastis.

Apakah ini berbahaya? Jelas aman. Karena ukuran tersebut sudah cukup sesuai jika memakai velg standar.

"Kan kalo tapak semakin lebar, daya cengkeram semakin kuat?"

Anggapan itu benar untuk mobil. Namun jika diterapkan pada sepeda motor, harus diimbangi dengan penggunaan velg yang juga lebar. Jadi jika kalian ingin lebih gambot layaknya moge, lebih baik ganti velg yang lebar.

"Tapi kan MX King keluaran 2019 ban depannya memakai ukuran tersebut? Apakah bisa lebih besar lagi? "

Yaps memang benar, karena logikanya begini. MX King keluaran pertama kan ban depannya kecil, nah untuk menutup kekurangan dari penilaian konsumen atau kebutuhan pasar, maka dibesarinlah ban depan tersebut.

Dari situ kita sudah jelas bahwa untuk batas ban depannya yaitu 90/80, jika yang keluaran pertama mau dibesarin. Karena pihak Yamaha sendiri pasti sudah menghitung dengan matang-matang bila ban depannya dibesarin. Jadi, bila lebih besar lagi dampaknya seperti yang saya tulis di atas.


Dan itulah batas ukuran ban MX King, jika kalian ingin merubahnya menjadi lebar. Ingat, jangan hanya untuk mengejar gaya doang, tapi harus pikirkan kebutuhan motor kalian. Masih bingung atau ada pertanyaan? Silakan tulis di komentar ya. Semoga bermanfaat. Keep safety riding!

69 komentar


EmoticonEmoticon

  1. Bang kalau ban depan ukuran 120/80 ke mx king, bisa? Atau mentok dgn spakbor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mentok gan, kasian spakbornya, handling pun berubah drastis.

      Hapus
  2. Bang,kalo ban belakang pke ukuran 100/70 kira2 bisa gk ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, tapi harus kasih ubahan pada spakbor depan. Bikin dudukan baru terus naikin spakbor menjadi 1cm-an.

      Hapus
  3. Gan kalo ban depan nya ajah yang di ganti jadi 80/90 dan ban belakang standar pabrik stabil gak yg..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak stabil gan kalo belakang masih standar, apalagi buat nikung.

      Kalo mau depannya aja mending yang ukuran 80/80 ..

      Hapus
    2. Atau yang 90/80, tapi spakbor depan perlu ubahan.

      Hapus
  4. Velg belakang standar, size ban paling kecil size berapa?
    Kalo velg depan standar, ban paling kecil size berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idealnya ukuran ban bisa dilebarkan atau dikecilkan 1 step dari ukuran standar.

      Misal ukuran ban depan 70/90, idealnya bisa diturunkan menjadi 60/90..

      Hapus
  5. Bentar mas, bukannya MX King skrg ukuran ban depannya udah 90/80 17 . Klo yang lama emang kecilan. Skrg udah gede. Jadi artikel ini untuk ukuran maksimal ban depan MX King edisi pertama bukan yg lampu baru itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ini MX King V1, dan sangat mungkin juga buat yg V2. Karena pihak yamaha sudah benar-benar menghitungnya dengan teliti pada V2, jika lebih dari itu mungkin akan berbeda.

      Hapus
    2. Logikanya yang V2 itu untuk menutupi kekurangan V1 yg ban depannya kekecilan. Maka dengan adanya V2, sudah jelas batas ukuran bannya bila yg V1 ingin dinaikan ukuran ban depannya.

      Hapus
  6. bang saya mau tanya.
    saya ingin ganti ban depan sedangkan ban belakang saya ukurannya norman yaitu 120/70 17
    klo ingin ganti ban depan paling mentok berapa ya bg?tanpa harus ada perubahan spekbor.
    dan apa negatif dan positif klo ban depan besar?
    sekian trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk ban depan tanpa harus ubah spakbor yaitu uk maksimalnya 80/90 atau 90/80, karena saya sendiri memakai yang uk 90/80, entah mengapa tidak mentok ke spakbor. Mungkin karena beda merek sedikit beda ukurannya.

      Untuk dampak negatif kalo kata saya tidak jauh berbeda dari yang bawaannya uk 70/90. Positifnya enak buat nikung dan terabas jalanan yang berlobang.

      Hapus
  7. bang, kalo ban depan ukuran 100, spakbor ny dilepas aja, bisa gk bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, tapi ya risiko nikung pasti ga enak ..

      Hapus
  8. Mkasih bro, gw terbantu banget dari ulasan loe. Gw udah tau tentang kebutuhan gue. Dan Ban apa yang harus gw pake nnti .thanks

    BalasHapus
  9. Bang, kalo ban depan standar tapi ban belakang ukuran 130/70 apakah itu aman ?

    Buat upgrade ban apakah perlu mengubah standar samping?
    Apa dampak jika tidak mengubah standar samping ?

    Untuk spakbor kolong itu pake punya motor apa ya?
    Untuk spakbor kolong ori bisa pake ban 150/70?

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman bro, tapi tarikan mungkin bisa berat.

      Untuk upgrade ban yang lebih besar tidak perlu mengganti standar samping, kecuali upgrade pada tinggi ban.

      Untuk spakbor kolong saya ambil dari milik motor Byson. Jika memakai spakbor kolong ori dengan upgrade ban uk 150/70 pasti mentok sama spakbor kolong ditambah sama dengan rantai dan arm, pasti mentok.

      Saya sendiri memakai ukuran 150/60 itupun mepet sama arm dan spakbor kolong, maka dari itu saya ganti spakbor kolong milik punya byson, itupun masih mepet sama ban. Apalagi yang ukuran 150/70, sangat tidak aman bro.

      Hapus
  10. Saya mau upgrade ban belakang 150/60 dan ban depan 90/80, itu perlu ganti standar samping atau mengcustomnya ?

    Buat spakbor mx king 2019 dipasang ke mx king 2017 apakah perlu tambahan breket atau pnp ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu mengubah standar samping gan.

      Pemasangan spakbor depan MX King 2019 itu PNP, tapi harus kasih tambahan breket seperti spakbor MX King 2019 pakai.

      Hapus
  11. Gan kmren2 saya ganti ban depan ukuran 90/80 tp mentok d spakbornya apakah harus ganti spakbornya. Trus kalau ada spakbor nya yg kaya gimana ya, d toko online ada ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti punya MX King yang keluaran 2019 ke atas, sama seperti saya gan. di toko online banyak, cari aja spakbor depan MX King 2019 plus dudukannya.

      Hapus
  12. kalau 140/70-17 dengan 150/60 bedanya di mana ya selain ukuran (dimensi) ? dan jika diganti ke 140 apa tetap harus ganti gear belakang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau naik cuman 2 tingkat itu masih aman kalau menurut saya. Karena memang idealnya upgrade ukuran ban dengan velg bawaan itu 2 tingkat.

      Hapus
  13. Gan..mau nanya punya saya ban belakang ukuran 120-70-17
    Sy pingin ganti yg lebih lebar lagi..tanpa mengganti velek. Kira -ukuran berapa yg cocok ya gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau yang lebih besar tanpa ganti velg bisa diterapkan seperti ukuran ban belakang motor pada artikel ini (150/60), namun apabila dirasa terlalu besar lebih baik pilih ukuran 130/60-17 sudah lebih dari cukup, tapi semuanya kembali ke selera masing-masing.

      Hapus
    2. Kalo ngomongin kecocokan, ban depan juga bisa pengaruh pada kecocokan juga. Kan ga cocok kalo ban belakang gede sedangkan ban depan kecil.

      Hapus
  14. Bang kalau mx king keluaran 2019 apakah bisa pakai ban depan ukuran 100/80-17??
    Apa nggak mentok di spakbor??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mx king punya temen ane yang keluaran 2015 masuk ngab, walaupun agak mepet sedikit. Apalagi 2019 yang spakbornya udah beda dari keluaran sebelumnya, pasti bisa.

      Hapus
  15. Gan mx kingku masih velg standart
    Kalau aku kasih ban depan 90/80
    Dan belakang 90/80 bisa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ban depan bisa, tapi kalo untuk ban belakang dengan ukuran ban segitu velgnya kegedean, harus ganti velg belakang.

      Hapus
  16. Kalo ban blakang 130/70 ban depannya ukran brpa?

    BalasHapus
  17. Bang mau tanya kalau mau pakai ban ukuran 90/90 17 apakah bisa....🙏🙏🙏

    BalasHapus
  18. Bang.mau tanya ni.ban blakang mx king 2019 dr ukuran std nya.bisa gak sya pake ban ukuran 100/80

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jangan gan kekecilan ga masuk. Kalau mau ban dengan ukuran segitu, mending ganti velg dengan ukuran 2,50

      Hapus
  19. Mx king punya sy ukuran ban depan 90/80 itu kluaran pabrik, mau naikin 100/80 bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, ane juga rencana mau upgrade ban depan dengan ukuran segitu.

      Hapus
  20. om aku pakai mx king 150 tahun 2015...ban belakang pake 130/70.
    ban depan cocoknya pake ukuran berapak supaya stabil dengan ban belakang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran 90/80 om, teman saya juga pakai.

      Hapus
  21. Keren om motornya, walau pakai velg standar tapi gambot look

    BalasHapus
  22. Bang spakbor kolong pake punya Byson type apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satau ane spakbor kolong byson sama semua gan, ane dapet dari beres tuh ga pesan yg type gimana.

      Hapus
  23. Bang itu spakbor belakang pake apa

    BalasHapus
  24. bang saya pake mx king tahun 2015, uk ban belakang masih standar pabrik 120/70, niat nya mau ganti uk ban depan nah enak nya pake uk brp ya bang?, saat ini ban depan saya lagi pake ukuran 80/80 tolong pencerahannya wkwk, makasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngikut ukuran MX King V2, 90/80, mungkin agak mepet ke spakbor, kalau mau aman ganti spakbor yg V2 juga.

      Hapus
    2. Kalo sudah ganti spakbor, batas ukurannya 100/80 atau 100/70 juga bisa.

      Hapus
  25. Ukuran maksimal, biar enggak usah ganti gear atau spakbor belakang, cocoknya ukuran yg berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo spakbor belakang dan ban belakang uk 150/60 aman bang. Kalo buat mx king v1 tanpa ganti spakbor depan atau gear, naik 1 step saja.

      Hapus
  26. Bang kalo mx king th 2020 maksimal ban depan nya brp yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran 100/80 atau 100/70 sudah maksimal.

      Hapus
  27. Tanya bang, ukuran ban di artikel ini untuk mx king 2021 apa perlu ganti gear set ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap ganti bang,

      Hapus
    2. Ban depan 100/80 masih bisa masuk kah bang?

      Hapus
    3. Untuk MX King keluaran 2019 ke atas masuk, karena spakbor depan sudah beda.

      Hapus
  28. Apakah ban uk 90/80 dpn blkang bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk belakang tidak bisa, ukuran ban kekecilan.

      Hapus
  29. Aslikah itu ukuran ban belakang nya 150/60, trus muat gak sih di swing arm bawaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muat dan sudah banyak yg make juga untuk ukuran ban segitu dengan velg maupun arm bawaan, dan saya salah satunya.

      Hapus
    2. Kalo mesinnya itu udah bore up apa standar an

      Hapus
    3. Mesin standar, saya main kirian dan cari ban yg enteng seperti pirelli.

      Hapus
  30. Infokan spakbor belakang nya bang keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spakbor belakang costum, info kontak instagram id "ammaar_gibran"

      Hapus
  31. bang, kalo ban belakang saya turunin 1 tingkat jadi 110/70 dari std nya, apakah ban depan diubah juga atau tetap 90/80?
    mohon pencerahan nya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ukuran velg belakang bawaan untuk ban dengan ukuran segitu malah kekecilan. Karena ukuran ban 110/70 cocoknya untuk velg yang ukuran 2,75

      Hapus