Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King

Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King

Penjelasan dan Solusi Kode 96 Pada MX King

Motor Yamaha MX King kalian menampilkan kode 96 pada indikator? Kalian tidak perlu panik, cari tahu permasalahannya dulu.


Karena penyebab kode 96 pada motor Yamaha MX King atau lainnya bisa kalian ketahui dan mengatasinya disini, berikut penjelasanya.

Penjelasan


Hampir semua motor sudah menggunakan sistem bahan bakar injeksi atau fuel injection (FI), termasuk juga MX King. Untuk mendukung sistem injeksi, motor akan dilengkapi berbagai macam sensor, seperti Crankshaft position sensor (CPS), Throttle Position Sensor (TPS) dan masih banyak yang lainnya.

Setiap sensor, akan melaporkan kinerjanya dan menerima perintah dari Electronic Control Unit (ECU) sebagai otak utama sistem injeksi. Bila ada sensor yang mengalami gangguan atau malfunction, sensor akan memberikan kode error ke ECU dan akan terbaca dispeedometer.

Nah, karena ada sensor yang mengalami gangguan, Yamaha MX King saya mengeluarkan kode 96. Kode 96 ini, menandakan kalau Power Supply ke motor hilang, biasanya diakibatkan aki short bukan aki soak.

kode 96 mx king

(Kode 96 pada motor MX King)

Penyebab & Solusi


Motor Jarang Dipakai


Menurut pengalaman saya yang juga mengalami masalah kode 96 tersebut, yaitu penyebabnya adalah motor tidak dipakai dalam waktu lama. Karena kita perlu ketahui, jika aki motor setiap minggunya tidak dipakai bisa menurun dayanya atau istilahnya Self Discharge.

Setiap 2 sampai 3 minggu kemampuan aki yang tidak pernah dipakai menurun sebesar 10% sampai 20%. Itulah mengapa aki motor yang jarang atau tidak pernah digunakan sama sekali justru akan cepat soak jika dibandingkan dengan aki pada motor yang sering digunakan.

Apabila motor jarang digunakan, panaskan mesin setiap pagi menggunakan Kick Starter, dan sebaliknya bila sering digunakan. Tujuan pemanasan mesin supaya sirkulasi oli mesin tetap lancar dan tentu juga untuk kelancaran arus baterai (aki). Atau biar lebih aman kalau memang motor jarang sekali digunakan, mending aki-nya kita lepas dulu.

Modifikasi Kabel Langsung ke Aki


Masih soal pengalaman pribadi, saya curiga pada arus kabel modifikasi voltmeter yang langsung disambungkan pada kutub aki positif (+) dan negatif (-). Ternyata memang benar, setelah saya melepas kabel modifikasi yang ditempel langsung dari kutub aki, dan mencoba menyalakan kembali kontak motor, kode 96 tersebut langsung hilang.

Mungkin karena ada salah satu atau bahkan lebih serat kabel modifikasi yang terpotong ketika mencoba mengupas kabel agar serat kabel bisa ditempelkan pada kutub aki. Karena memang serat kabel yang begitu kecil jadi tidak sadar kalau memang ada yang terpotong.

Nah, mungkin ada dari kalian yang modifikasi apapun itu tentang kelistrikan yang disambungkan langsung ke kutub aki positif (+) dan negatif (-), coba dilepas dulu seperti yang saya lakukan tadi.

Kalau memang benar tidak muncul kode 96 lagi, dan kalian masih ingin memasang aksesoris tersebut, coba betulkan serat kabel modifikasi yang terpotong tadi dengan mengupas ulang secara hati-hati. 

Tapi kalau masih muncul kode 96, coba ubah sekring dengan ampere yang sesuai dengan kebutuhan modfikasi itu sendiri. Seperti yang saya lakukan, sampai saat ini kode 96 tersebut tidak pernah muncul kembali.

Modifikasi Lampu Motor


Adapun penyebab lainnya yaitu modifikasi lampu motor. Kenapa? Karena modifikasi lampu motor itu harus sesuai. Misalnya, jika kita ingin menambahkan lampu yang cahayanya terang, maka muatan aliran listrik pun harus juga disesuaikan. Jadi semua harus seimbang antara yang masuk dan yang dikeluarkan.

Maka untuk solusinya seperti modifikasi kelistrikan yang langsung disambung ke aki tadi, kalian coba ubah sekring yang sesuai dengan kebutuhan beban arus listrik.

Karena beban arus listrik bertambah setelah ada modifikasi kelistrikan tanpa mengubah sekring yang sesuai, sudah tentu ada hubungan pendek arus listrik. Ingat, kode 96 yang berarti arus aki menjadi short (pendek).

Satu lagi, ketika saat menyalakan motor lalu muncul kode 96, jangan gunakan Electric Starter gunakanlah Kick Starter, jika bandel aki bisa soak. Biarkan motor tetap idling dalam beberapa menit supaya aliran listrik dari aki dapat bekerja secara menyeluruh.


Kesimpulan


Cobalah solusi poin-poin diatas untuk mencegah masalah tersebut. Namun, bila motor sudah sulit untuk dihidupkan dan bila masalah masih terus berlanjut, lebih baik gantilah aki yang baru.

Sudah tidak memungkinkan atau percuma bila aki diservice atau dicharge. Karena waktu itu brother saya juga sempat mengalami kode 96 tersebut dan men-charge aki nya tapi percuma saja. Tipe aki MX king sendiri yaitu aki tipe kering, saran saya belilah aki yang mirip seperti bawaan MX King.

Kode Kerusakan MX King


Untuk mengetahui lebih lanjut kode-kode kerusakan seperti di atas, berikut tabel daftar kode kerusakan pada motor Yamaha MX King.

⇦ SLIDE FOR MOBILE ⇨
KodeKerusakan
12Sinyal tidak normal diterima Crackshaft Position Sensor.
13Terdeteksi terlepasnya atau terjadi konslet di Intake Air Pressure.
14Kerusakan sistem udara, tekanan tidak normal diterima Intake Air Pressure.
15Terdeteksi terlepasnya atau terjadi konslet di Throtle Position Sensor (TPS).
16Throtle Position Sensor (TPS) tersangkut.
21Terdeteksi terlepasnya socket atau terjadinya konslet di Coolant Temperatur Sensor.
22Terdeteksi terlepasnya socket atau terjadinya konslet pada Intake Air Temperatur Sensor.
24Sinyal yang diterima O2 Sensor tidak normal.
30Lean Angle Sensor, motor terjatuh.
39Terdeteksi lepas atau terjadi konslet di Injector.
41Terjadinya konslet atau lepasnya Lean Angle Sensor.
42Sinyal Speed Sensor tidak normal.
44Kerusakan pada EEPROM.
46Pengisian setrum Aki tidak normal, kiprok bermasalah.
50Memori ECU rusak.
96Power Supply ke motor hilang, biasanya diakibatkan aki short bukan aki soak.
Er_1Tidak ada sinyal dari ECU (mungkin speedometer atau ECU yang rusak).
Er_2Tidak ada respon dari ECU (tidak ada sinyal yang diterima lebih dari satu durasi yang ditentukan).
Er_3Sinyal error dari ECU (jarang terjadi).
Er_4Sinyal tidak dikenal dari ECU (jarang terjadi).

Sekali lagi, bila motor MX King kalian masih terus-menerus mengeluarkan kode 96 tadi, setelah mencoba solusi di atas. Saran saya lebih baik aki nya diganti, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan atau ke bengkel resmi Yamaha.


Karena di bengkel resmi, mereka sudah paham dan punya alatnya untuk memperbaiki motor yang muncul kode-kode kerusakan tersebut.

Jika ada pertanyaan tentang masalah tersebut, silakan gunakan komentar dibawah. Mungkin saya bisa sedikit membantu tentang masalah tersebut. Semoga bermanfaat. Keep safety riding, salam satu tapi banyak.

32 komentar


EmoticonEmoticon

  1. Makasih gan, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga bisa cepat teratasi.

      Hapus
  2. Min kalo kode 96 pada motor vixion? Apakah sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan sama, karena menurut kabar yang beredar mesin MX Ming sama dengan Vixion.

      Hapus
  3. Sangat-sangat bermamfaat. Tks min.

    BalasHapus
  4. Tenks gan info nya,
    motor saya juga keluar kode 96 dan 46, setelah baca artikel nya saya jadi tau masalah nya.
    salam satu aspal
    salam gelas plastik... 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, semoga cepat teratasi, salam balik gan.. (y) (y)

      Hapus
  5. Solusinya haruskah ganti aki bang ??
    Motor saya sering dipakai. Cuma gejalanya pas kontak on listriknya telat. Jadi pas di kontak on spido nyalanya ada jeda lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalo udah gitu mending ganti aki yang baru deh gan.. (o)

      Hapus
  6. Selamat siang kak, perkenalkan nama saya Len rasy. Saya ingin share info ini di YouTube apakah boleh?
    Jika di izinkan, insyaallah akan say buatkan video Tips untuk mengatasi error dan lain².
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, jangan lupa sertakan link referensi dari blog ini ya.. (li)

      Hapus
  7. Makasi atas saran dan ilmunya maz bro

    BalasHapus
  8. Gan ada wiring diagram mx king? Untuk kabel body dan speedometer. Makasih gan, sukses selalu.

    BalasHapus
  9. Permisi gan,mo tanya: di mx king 2019 saya..muncul sinyal indikator mesin(nyala terus tanpa kedip) gara"sy lupa matiin kontak (on selama 8jam)
    Mohon pencerahan nya.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sekarang masih nyala terus?

      Hapus
    2. Ane juga pernah ngalamin, indikator mesin nyala terus. Tapi saya coba on off kunci kontak, indikator mesin normal kembali tanpa nyala sampai sekarang.

      Hapus
  10. Iyh masih nih gan,,udah di charge aki nya skg stater dh normal tp ya itu..lampu nya masih nyala trs..ada solusi / yg pengalaman boleh sy minta info nya apa yg hrs sy lakuin.makasih semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti aki yang baru gan. Kalo misal masih tetap sama, solusi terbaik bawa ke bengkel resmi Yamaha. Karena mereka tentu punya alatnya.

      Hapus
  11. Iyh kek nya hrs di scan nih gan..makasih info nya

    BalasHapus
  12. O ya aki sy motobatt MTZ5S..info ajj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus juga ya, kalo gitu mending bawa ke bengkel resmi aja gan. Takutnya ada masalah sama ECU-nya.

      Hapus
  13. kalau kode er-2 pada mx king apanya bermasalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ECU (Electronic Control Unit) tidak ada respon, jadi permasalahan ada di ECU.

      Hapus
  14. Sore gan...saya punya MX king 150, masalah yang muncul ketika kunci kontak on lampu kuning pada speedometer berkedip...ketika hal itu terjadi saya matikan kunci kontak dan mengulanginya kembali terkadang 2 sampai 3 kali sampai lampu indikator itu tidak lagi berkedip, mohon info gan gmana solusix dan bagaimana mengatasi sendiri tanpa harus ke bengkel...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah lampu indikator berkedip sambil memunculkan kode pada indikator/speedometer?

      Hapus
    2. Untuk masalah lampu indikator, agar lebih jelas silakan cek postingan ini "Penyebab Lampu Indikator Mesin Menyala Atau Berkedip"

      Hapus
  15. Punya ana nyala terus bang, keluar nomor 21 sama 24

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode 21 : Cek bagian socket Sensor Suhu yang terletak di belakang radiator tepatnya sebelah kanan mesin bagian atas, silakan periksa apakah socket terlepas, kurang kencang ataupun terjadi kurasakan pada socket atau sensornya (Thermo Sensor).

      Kode 24 : cek kabel dan socket sensor O2 seperti kode 21 tadi, cek apakah lepas, putus atau mengalami kerusakan. (Sensor O2 adalah salah satu sensor pendeteksi gas buang di saluran exhaust atau knalpot pada motor injeksi.)

      Hapus
  16. Er-2 Jalan Penyelesaian Bagai mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ECU (Electronic Control Unit) tidak ada respon, saran service ECU atau lebih bagus lagi ganti ECU

      Hapus