Cara Aman Menyalip Mobil

Cara Aman Menyalip Mobil

Cara Aman Menyalip Mobil

Overtaking atau mendahului kendaraan dijalan raya memang terbilang gampang-gampang susah. Tapi banyak sebagian masyarakat yang selebor menyalip hanya dengan menggunakan menekan klakson dan menambah kecepatan.


Ketika kita mau menyusul kendaraan didepan yang harus diperhatikan bagian depan kita sudah kondusif atau tidak, kemudian liat kaca spion dan memberikan lampu isyarat seperti lampu sen kanan.

Nah, dari cara tersebut ternyata masih ada tips aman lainnya loh supaya kita terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa tips tersebut.

Salip Saat Aman


Seperti yang saya katakan tadi, ini merupakan tahap pertama sebelum nyalip, dan maksud dari saat aman, jangan pernah nyalip pas ragu. Kalau ragu mending jangan nyalip deh.

Karena sumber kecelakaan adu banteng itu karena ragu, terus maksa eh malah jadi celaka, dan ingat pastikan tidak ada kendaraan atau kendaraan dari lawan tidak terlalu dekat.

Dan juga harus taat aturan, kalau ini sudah jelas lah ya. Udah pada pintar semua disaat kondisi apa saja yang tidak boleh nyalip, iya kan?

Sebelum Menyalip


Tahap kedua, lihat intip-intip ke jalur lawan, seberapa jauh jarak kendaraan lawan. Perhatikan juga apakah ada belokan, ada lubang atau tidak, pandang sejauh yang bisa kalian lihat.


Sedikit tipa tambahan untuk mengecek kondisi di depan kendaraan yang mau disalip, bisa lihat dari kaca mobil. Kadang suka kelihatan. Kecuali kalau kaca film mobilnya gelap banget.

Jangan lupa cek spion, pastikan dari arah belakang juga tidak ada yang nyalip kita dan toleh sedikit untuk pastikan di area blind spot juga tidak ada kendaraan.

Sedang Menyalip


Di tahap ini, jaga jarak sama kendaraan yang ada di depan kita, jangan terlalu dekat. Karena kalau terlalu dekat akan sulit melihat ke jalan arah lawannya.

Jika sudah oke atau aman, nyalakan sen kanan untuk menyalip untuk memberitahu ke kendaraan belakang kalau kita mau menyalip.

Setelah itu nyalakan lampu jarak jauh dan dekat 2 kali, terus jangan lupa klakson pendek 1-2 kali untuk 'minta izin' kendaraan yang mau kita salip, dan terakhir pastikan di depan kendaraan yang kita salip ada jarak aman untuk kembali ke jalur.

Setelah Menyalip


Setelah menyalip jangan langsung potong jalur kendaraan yang kita salip ya, minimal kasih jarak 1-1,5 meter baru kita balik ke jalur.

Tidak sedikit yang mengabaikan hal ini. Akibatnya banyak yang menyenggol bemper mobil karena main potong aja karena maksa masuk.


Jangan lupa pas balik ke jalurnya pun tetap nyalakan sein agar kendaraan yang kita salip tahu. Jadi sebelum menyalip jaga jarak dan setelah nyalip pun jaga jarak ya.

Ingat, bukan hanya karena alasan sopan santun berkendara, tetapi juga demi keamanan dan menghindari kecelakaan yang fatal. Keep safety riding!

0 Comments

Posting Komentar