Tips Agar Kaca Helm Tidak Berembun atau Buram Saat Hujan

Tips Agar Kaca Helm Tidak Berembun atau Buram Saat Hujan

tips agar kaca helm tidak berembun atau buram saat hujan

Helm, sebuah perlengkapan wajib para bikers maupun rider untuk menunjang keselamatan kepala dari benturan yang fatal, dan salah satu bagian helm paling penting adalah kaca helm.


Kaca helm sendiri merupakan salah satu hal yang melindungi pengendara dari air hujan dan debu.

Dalam istilah otomotif kaca helm biasa disebut sebagai Visor. Kaca helm ini terbuat dari plastik tujuannya supaya tidak mudah pecah ketika jatuh.

Ketika musim hujan pastinya kaca helm berembun, kaca helm yang berembun di saat riding ketika hujan jelas berbahaya, ditambah berkurangnya jarak pandang di saat hujan.

Oleh karena itu kali ini saya akan share tips agar kaca helm tidak berembun atau buram ketika musim hujan. Simak dan terapkan ya, karena mungkin akan sangat membantu brother sekalian.

Cairan Anti-Fog


Cairan anti-fog tersedia dalam dua bentuk pemakaian, yaitu oles dan spray. Cara pakai anti-fog oles sendiri caranya sama seperti menggunakan sabun.

Sedangkan untuk model spray, kamu hanya perlu menyemprotkan cairan ini ke kaca helm bagian luar dan dalam, lalu bersihkan dengan lap bersih atau tisu.

Harga dari cairan ini bervariasi, mulai dari Rp.15 ribu sampai dengan Rp.100 ribu.

Sirkulasi Udara



Helm biasanya memiliki ventilasi sebagai sarana sirkulasi udara. Pastikan semua lubangnya terbuka agar perbedaan suhu udara di dalam dan luar tak terlalu jauh.

Selain itu, kalian juga bisa menciptakan celah dengan sedikit membuka visor helm.

Kaca Anti-Fog


Cara ini bisa dibilang sebagai yang paling efektif karena diterapkan juga di MotoGP. Cara kerja kaca ini adalah menjaga suhu udara pada ruang antar kaca dengan pinlock tetap stabil.

Hal itu mengakibatkan embun hanya terjadi di luar area yang tidak tertutup kaca anti-fog.

Perlengkapan Mandi


Perlengkapan mandi sehari-hari, yakni sabun pencuci piring, shampo bayi, krim pencukur, atau pasta gigi juga bisa digunakan.

Pilih salah satu dari keempat bahan tadi, lalu bersihkan kaca helm bagian luar dan dalam. Caranya, oleskan bahan ke kain halus dan gosokkan secara merata.

Setelah itu, biarkan sampai kering lalu gosok kembali dengan lap kering yang bersih.


Dan itulah bebrapa tips dari saya supaya kaca helm sobat tidak berembun saat musim hujan yang menjaga pandangan jelas dan tentunya bisa menghindari hal-hal yang berakibat fatal, dan juga selalu saya ingatkan, keep safety riding! Semoga bermanfaat.

0 Comments

Posting Komentar