Kawasaki Sempat Meminta Tampil Di MotoGP, Namun Ditolak Oleh Bos Dorna Karena Suatu Alasan

Kawasaki Sempat Meminta Tampil Di MotoGP, Namun Ditolak Oleh Bos Dorna Karena Suatu Alasan

Fakta mengejutkan bahwa Kawasaki sempat meminta kepada bos Dorna untuk tampil sebagai wildcad di Race MotoGP. Namun permohonan Kawasaki ini ditolak, karena menurut bos Dorna wildcard hanya untuk para peserta MotoGP.


Saya kasih tahu sesuatu, baru baru saja Kawasaki meminta saya untuk bisa ambil Wild Card (di race MotoGP) dengan Superbike Mereka. Saya kayaknya Tidak, Karena Wild Card Hanya Untuk para peserta MotoGP.“ tutur Carmelo Ezpeleta.

Tentu saja ditolak, Kawasaki memohon jika mereka akan turun sebagai wildcard menggunakan motor ZX-10RR dimana wildcard hanya bisa diikuti oleh peserta MotoGP dengan standar motor prototype bukan produksi massal.

Carmelo juga mengatakan saat ini komposisi pembalap MotoGP sudah sangat pas, lineup yang mengisi paddock saat ini sudah ada (Honda, Yamaha, Suzuki, Ducati, KTM, dan Aprilia).

Untuk menambah satu pabrikan yang masuk lagi tentunya akan menyulitkan mereka, contohnya jika BMW dan Kawasaki masuk. Mereka nantinya hanya bisa masuk melalui team privater dan tidak dianggap sebagai tim factory.

Hal ini sama seperti Aprilia dimana tim Aprilia Gresini bukan dianggap sebagai factory team, padahal jelas-jelas mereka datang dari tim pabrikan.

Hal tersebut dikarenakan Aprilia masih bersinergi dengan Gresini, dan di tahun 2022 nanti Aprilia meminta kepada bos Dorna untuk meminta satu team factory sendiri.

Jadi kesempatan bagi pabrikan BMW dan Kawasaki jika mau bergabung ke MotoGP salah satu jalannya adalah masuk sebagai team privater, atau mereka bisa menunggu sampai ada salah satu tim pabrikan mengundurkan diri.

Tapi sepertinya Kawasaki tidak akan terburu-buru mengambil keputusan ini. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, mereka lebih fokus ke ajang WSBK ketimbang MotoGP.

Karena menurut mereka, ikut MotoGP itu membutuhkan dana yang besar, dan jika mereka berniat ikut targetnya bukan hanya sekedar finish namun bisa jadi juara dunia.

Sebab ikut WSBK itu lebih murah karena mereka bisa menggunakan motor produksi massal tanpa harus membuat motor prototype yang melalui riset panjang serta memakan dana yang sangat besar.

Sekedar tambahan informasi, di tahun 2020 nanti kontribusi Dorna terhadap team dan pabrikan akan bertambah.


Contohnya akan ada kenaikan jumlah dana yang diberikan kepada pabrikan untuk setiap satu motor yang dihire ke team satelit dari awal hanya 1 juta Euro menjadi 1,5 Juta Euro.

Referensi : tmcblog.com

0 Comments

Posting Komentar