Pengalaman Tes Tulis Kerja Cleaning Service, RS Mitra Plumbon

Pengalaman Tes Tulis Kerja Cleaning Service, RS Mitra Plumbon

Pengalaman tes tulis kerja cleaning service rs mitra plumbon

Test tertulis adalah Psikotest yang soalnya berhubungan dengan logika matematika dan analisa sebuah gambar serta masalah. Semua pertanyaan pada soal ujian Psikotest tersebut mempunyai arti dan makna tersendiri.

Dari situlah, pihak perusahaan dapat mengetahui karakter dan tipe calon tenaga kerjanya. Dan psikotest ini wajib hukumnya untuk diikuti oleh para pelamar kerja. Mungkin, supaya lebih mantab lagi.

Pada kesempatan kali ini saya mau share pengalaman tes seleksi atau tes tulis kerja cleaning service di RS Mitra Plumbon. Langsung saja, berikut pengalaman tersebut.

Pertama-tama sebelum saya mengikut tes, tentunya saya daftar online, lewat web resmi RS Mitra Plumbon, siapa tau rezeki, dan saya mengisi dari kolom ke kolom dengan data yang benar dan sejujur nya.

Waktu itu pada saat saya daftar tanggal 4 Mei 2019 dan dipanggil dua minggu setelahnya. Saya mendapatkan panggilan tes lewat e-mail dan bukan telpon seperti kebanyakan perusahaan, kira-kira seperti ini e-mail masuknya.

e-mail masuk panggilan kerja
e-mail masuk panggilan kerja

Setelah saya klik link tersebut, langsung menuju portal cek panggilan kerja dengan mengisi no reg peserta yang lolos pada tahap seleksi awal. Nah, setelah itu akan terbuka jendela baru dengan isi surat panggilan kerja yang harus di print 2 lembar, gunanya untuk verifikasi data.

Data tersebut yaitu data yang didaftarkan atau disimpan waktu sobat daftar lewat web tadi, seperti contoh ijazah atau SKCK dan itu wajib dibawa.

Dengan tanggal yang ditentukan untuk mengikuti tes dan persiapan yang matang, saya langsung berangkat menuju TKP. Waktu itu karena saya tidak tau tempat untuk tes nya, saya menanyakan pada kariawan RS tersebut, dan kebetulan juga bertemu dengan salah satu peserta.

Untuk pesertanya sendiri sekitar ada 12. Kebanyakan yang datang adalah pelamar yang khusus medis, sedangkan yang non medis cuma ada 3 termasuk saya, yaitu security, kasir dan cleaning service.

Kemudian saya dan kawan-kawan pencaker lain di suruh menunggu untuk di panggil namanya masing-masing, dan itu proses nya sangat lama, tergantung jumlah pencaker yang dipanggil. Kebetulan ketika saya dipanggil setelah semuanya selesai atau saya yang terakhir. Sayapun diberikan beberapa pertanyaan, berikut percakapannya.

“Atas nama siapa,”

“dari jurusan mana.”

Saya jawab "Dari jurusan SMA IPS.”

“Lah kok SMA?”

“Maksudnya gimana pak, jurusan apa bagian?”

“Bagian.”

“Saya kira jurusan sekolah pak hehehe, saya bagian cleaning service pak.”

Setelah itu saya disuruh untuk menunjukan berkas yang harus dibawa tadi, dan jika berkas tidak sama dengan hasil daftar kerja lewat web RS Mitra Plumbon, maka peserta langsung di gugurkan.

Bersyukur waktu itu saya lolos dalam pemeriksaan administratif. Dan berikutnya saya disuruh masuk dalam ruangan untuk melakukan tes tulis.

Sebelum melakukan tes, pengawas menjelaskan tentang tes tulis tersebut, dan menjeleskan tahapan tes di RS Mitra Plumbon, di antaranya,

1. Tes Tulis
2. Tes Praktek
3. Interview
4. Medical Checkup

Untuk Medical Checkup sendiri, harus bayar sekitar 350rb, itu untuk biaya pemeriksaannya. Biaya tersebut hanya untuk Medical Checkup saja, dari sini saya belum paham kenapa harus bayar segala, dan uang tersebut boleh diambil atau tidak jikalau tidak lolos dalam tahap itu.

Dan jika semua tahapan lulus, maka akan ada panggilan traning. Kemudian pengawas menjelaskan seluk beluk RS Mitra Plumbon, dari awal pendirian hingga sekarang. Sekedar informasi, dari penjelasan tentang sejarah RS tersebut, ada salah satu pertanyaan yang keluar. Jadi, harus teliti ya.

Kemudian petugas membagi soal tes, dan soal itu berbeda-beda sesuai dengan bagian yang dilamar masing-masing peserta. Untuk soalnya terdiri dari pilihan ganda dan esay. Soal yang sedikit adalah mereka yang lamar dibagian non medis.

Berikut soal dibagian cleaning service, pertama adalah soal tentang matematika, pengukuran jarak, dan soal lain tentang pernyataan benar atau salah, dan soal tersebut berjumlah 10 dalam pilihan ganda, selanjutnya ada soal khusus tentang bagian yang di lamar masing-masing peserta. Soal tersebut terdiri dari 20 pilihan ganda.

Jika sobat sudah pengalaman pada bidang cleaning service, mungkin akan sangat mudah untuk menjawabnya. Soal tersebut yaitu tentang bagaimana kita membersihkan toilet atau ruangan pasien, hal yang wajib ketika membersihkan ruangan, peralatan apa yang di butuhkan dan benda apa yang harus digunakan untuk membersihkan sebuah ruangan.

Untuk soal essay sendiri berjumlah 5, semuanya tentang tugas-tugas cleaning service yaitu harus dijelaskan, mengapa dan berilah contoh. Jika semuanya sudah selesai, maka peserta harus mengumpulkan soal dan jawaban pada petugas yang berjaga dan boleh langsung pulang.

Selanjutnya untuk besok akan ada tes praktek. Nah, buat sobat yang ingin daftar online seperti saya silakan klik link dibawah berikut.


Mungkin itu saja pengalaman saya mengikuti tes tulis kerja cleaning service RS Mitra Plumbon. Dengan adanya artikel pengalaman ini, semoga dapat membantu sobat jika akan mengikuti seleksi teraebut.

2 komentar


EmoticonEmoticon

  1. Balasan
    1. Untuk test tulis kerja lolos, tapi pas interview belum ada panggilan lagi.. hihi

      Hapus