Cara Benar Bersihkan Helm Setelah Kehujanan

Cara Benar Bersihkan Helm Setelah Kehujanan

cara benar bersihkan helm setelah kehujanan

Musim penghujan mungkin salah satu musuh bebuyutan biker, apalagi yang sering parkir di parkiran tanpa atap. Dijamin deh, hujan datang, helm basah kemudian.

Nah, ternyata helm yang basah akibat air hujan juga membutuhkan penanganan yang benar loh, dan jika kalian malas atau salah tentu usia pakai beberapa part dari helm akan mengalami penurunan.


Oleh karena itu perhatikan cara membersihkan helm setelah kehujanan, berikut ini cara yang benar membersihkan helm supaya tetap menjaga keawetan helm kalian.

Perhatikan Kadar Air


Perhatikan tingkat banyaknya air yang ada di dalam helm, jika cukup banyak air yang masuk kedalam helm, lebih baik segera lakukan pencucian helm setelah busa sangat basah.

Pencucian yang dimaksud disini yaitu untuk bagian busa seperti busa atas, bagian pipi, dan busa leher. Pencucian ini berfungsi agar kotoran yang terbawa di air hujan bisa dibersihkan dan agar helm kalian tetap memiliki interior yang segar.

Sebenarnya jika air yang terperangkap di dalam helm tidak terlalu banyak, kalian bisa memeras bagian busa dan bisa langsung mengeringkan busa helm tanpa mencuci.

Tetapi karena tanpa mencuci, tentu akan menyebabkan bau kurang sedap, untuk mengatasinya kalian bisa menambahkan parfum helm agar interior helm tetap segar.

Pengeringan yang Benar


Setelah dicuci, atau jika dirasa cukup langsung dikeringkan, perhatikan cara pengeringan berikut ini. Pengeringan dengan cara konvensional seperti langsung dijemur di bawah sinar matahari memang sangat cepat dan mudah kering.

Akan tetapi lama kelamaan kekanyalan busa akan menurun jika terlalu sering dijemur. Pengeringan yang benar yaitu cukup diangin-anginkan saja.


Beberapa metode yang bisa kalian pakai seperti cukup ditempatkan ditempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Kalian juga bisa menggunakan kipas angin untuk pengeringan busa kalian.

Mungkin lebih lama kering, tetapi efeknya busa akan lebih awet, atau bila ingin cepat bisa juga menggunakan hair dryer.

Bersihkan Bagian Lain


Saat membersihkan busa helm, sempatkan juga untuk membersihkan bagian lain. Seperti visor dan shell helm. Bekas tetesan hujan jika tidak segera dibersihkan akan meninggalkan noda air, dan jika mengering akan susah untuk dihilangkan.

Maka dari itu, sebisa mungkin setelah terkena hujan, jika interior helm tidak basah, usahakan tetap membersihkan eksterior seperti shell dan visor helm kalian. Untuk bagian shell cukup dengan pake lap basah atau dikenain air terus tinggal lap.

Khusus untuk pembersihan visor helm, bagian ini cukup penting. Karena air hujan yang bersifat asam akan merusak permukaan visor, terutama visor dengan lapisan iridium yang rawan terkelupas. Pembersihan visor setelah kehujan cukup menggunakan air mengalir dan diusap lembut, setelah itu lap dan keringkan.


Ingat, musim hujan jangan suka bersihin motor yang basah terkena hujan juga, helm juga wajib dirawat. Jangan selalu motor terus yang dirawat, apalagi si doi ckckck.

Jadi, mungkin itu saja yang dapat saya share kali ini. Semoga bermanfaat dan saya yakin pasti cara yang benar ini kepake banget buat kalian. Apalagi yang helmnya sering jadi kolam ikan.

0 Comments

Posting Komentar