Cara Merawat Motor Baru Agar Awet dan Terlihat Tetap Baru

Cara Merawat Motor Baru Agar Awet dan Terlihat Tetap Baru

Cara Merawat Motor Baru Agar Awet dan Terlihat Tetap Baru

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas pentingnya untuk mengetahui perbedaan pada busi motor injeksi dan karbu.

Maka pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara merawat atau menjaga motor baru yang baik dan benar.


Sehingga motor kalian masih terlihat tetap awet dan tentunya selalu terlihat baru dari sisi kinerja serta mesinnya, dan yang tak kalah penting yaitu body motor yang masih terjaga kebersihannya.

Sebenarnya, bila kalian tahu caranya yang benar ternyata tidak susah. Apalagi buat kalian yang warna cat body motornya doff, nah bagi yang belum tahu bagaimana merawat warna cat doff pada body motor agar awet, silakan baca juga di bawah berikut.

Begitu sangat disayangkan sekali jika motor baru kalian harus masuk bengkel karena ada suatu kerusakan. Karena secara tidak langsung hal semacam itu karena kalian tak dapat merawatnya dengan baik dan benar.

Tentu saja motor termasuk juga kendaraan yang paling umum dipakai untuk menemani kegiatan kalian sehari-hari, bukan? Oleh karena itu, kalian juga harus bisa merawat motor supaya nyaman saat di kendarai dimanapun dan kapanpun kalian pergi.

Coba saja kalian bandingkan dengan orang yang selalu menjaga motornya dengan orang yang cuma tinggal pakai dan tidak memperhatikan parawatannya, pasti terlihat berbeda bukan, dari sektor kinerja maupun kebersihan motornya.

Oleh karena itu, tinggalkan rutinitas malas kalian yang tidak memperhatikan motor. Sebaiknya awalilah merawat motor kalian dengan menerapkan beberapa tips dan cara merawat motor baru yang kami ulas berikut ini.

Cara Merawat Motor Baru Dengan Baik dan Benar


● Jika motor kalian masih baru, janganlah di pakai untuk membawa beban yang sangat berat hingga 500 kg.

● Gunakan bensin yang sangat baik, hal ini bertujuan untuk melindungi mesin motor kalian agar tetap terjaga kualitasnya.


● Selanjutnya lakukan perawatan atau pengecekan dengan cara teratur. Baiknya kerjakan tune up stiap dua bulan sekali ke bengkel resmi.

● Lakukan pemanasan motor sebelum dipakai. Janganlah terlalu lama, cukup sekitar 5 menit saja. Kenapa cuma 5 menit? Silakan baca juga di bawah berikut untuk lebih jelasnya.

● Manfaatkanlah gratis service motor serta mengganti oli 3 kali jalan. Apabila masa berlaku gratis service habis, sebaiknya tetap service berkala setiap 2 bulan sekali, apalagi motor injeksi.

● Rajin mengganti oli motor. Tapi perhatikan juga pemakaian, maksudnya, bila kita menggunakan motor setiap hari dalam jarak jauh, sebaiknya gantilah oli 1 bulan sekali. Tapi jika pemakaian dalam jarak dekat, cukup 2 bulan sekali saja, biar sekalian sama service. Ini bertujuan agar pengeluaran biaya tetap irit.

Tips — Khusus untuk perawatan motor bermesin 4 tak, tuang sedikit oli kedalam knalpot, supaya knalpot original kalian awet serta tidak gampang keropos.

● Kurangi kecepatan, waktu kalian mengendarai janganlah begitu cepat. Sebab ini kepada penyesuaian saja, supaya rantai kalian tetap awet. Dan tentu saja hal ini untuk menghindari borosnya bensin.

● Sebaiknya saat kita riding, lakukan menarik gas motor kalian pada kecepatan yang stabil, atau yang teratur. Jangan gas tiba-tiba turun atau tiba-tiba naik. Ini supaya mesin motor kalian tahan hingga saat periode panjang.

● Hindari paparan cahaya matahari waktu memarkir motor kalian, sebab bisa mempengaruhi warna body motor kalian. Mungkin saja warna motor kalian bakal cepat memudar. Oleh karena itu, sebaiknya parkir ditempat yang teduh.

● Rajinlah membersihkan motor kalian. Hal semacam ini pula bermanfaat supaya kerangka serta mesin motor kalian tak gampang berkarat serta keropos. Lakukan pembersihan setiap seminggu sekali. Ingat, bila mesin motor kalian masih panas, jangan langsung kita siram. tunggu dan biarkan dingin dulu. Kenapa? silakan baca juga di bawah berikut.


Nah, Itulah beberapa tips merawat motor baru agar terlihat tetap baru dengan baik dan benar yang dapat di jadikan dasar buat kalian, sehingga motor kalian masih tetap baru dan awet serta terlihat kinclong dari luar maupun dalam.

Apabila kalian lakukan langkah di atas dengan benar, pasti motor kalian masih sama seperti baru dan tentu dari segi kinerjapun tetap seperti baru. Semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk menjaga motor baru kalian.

2 komentar


EmoticonEmoticon