Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Knalpot Racing

Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Knalpot Racing

Dampak Positif dan Negatif Menggunakan Knalpot Racing

Bisa dibilang saat ini knalpot racing sudah tidak asing lagi, sampai orang awam saja tahu, mana knalpot racing mana knalpot standar.


Kalau saya pribadi, knalpot juga bisa menjadi penunjang motor makin tampil kece. Iya kan?

Dari penampilan yang makin kece, ternyata ada dampak positif dan negatifnya juga loh bila kalian menggunakan knalpot racing. Yuk mari kita bahas.

Fungsi Knalpot


Sebenarnya fungsi dari knalpot itu sebagai peredam suara ledakan saat proses pembakaran di dalam ruang mesin, dan juga menyaring gas beracun sebelum gas sisa hasil pembakaran dibuang ke udara bebas.

Knalpot standar bawaan pabrik, biasanya sudah mampu meredam suara bising dan menyaring senyawa gas beracun. Tapi untuk knalpot racing tidak semuanya punya fitur tersebut.

Dampak Positif dan Negatif Knalpot Racing


Seperti yang saya bilang tadi. Walapun tampil kece dan makin tampil sporty, tentu dampak positif maupun negatifnya juga.

Jadi, jangan asal-asalan buat kalian yang cuma mengejar penampilan. Berikut beberapa dampak tersebut.

Positif



Mengganti knalpot standar menjadi racing bisa membantu meningkatkan performa mesin kendaraan loh. Hal itu sudah pernah saya rasakan pada motor MX King saya sendiri.

Kemungkinan meningkat satu atau dua HP bahkan lebih, tapi kalian juga harus setting ulang sistem pengapian motor jika ingin peningkatan yang lebih.

Kalo ini mungkin yang paling kalian kejar, iya gak? Yuup, penampilan motor menjadi makin sporty, stylis, dan tentu saja membuat kalian semakin percaya diri.

Negatif


Dampak negatif pertama yang mungkin ada dari beberapa kalangan yang tidak menyukai suara knalpot kalian karena terlalu berisik.

Apalagi kalian masuk perkampungan atau gang kecil, saya yakin orang-orang di sana pada ngedumel walaupun secara tidak langsung.

Lanjut, knalpot racing kalian yang tidak dilengkapi katalik konverter pasti sisa gas buangnya mengandung racun dan tidak bisa dinetralisir. Tentu dampaknya pada pencemaran udara.

Dari beberapa dampak positif dan negatifnya, ada hal yang paling penting buat motor kalian. Yaitu tingkat aman dan resiko dari mesin motor kalian.


Dari pengalaman yang saya dapatkan, knalpot racing yang berkualitas harganya tentu mahal. Tapi saya jamin aman buat motor kalian. Sedangkan knalpot racing berkualitas rendah lebih beresiko merusak komponen mesin motor.

Nah, semuanya balik lagi ke selera dan isi dompet kalian. Lebih milih mesin motor aman atau ke gaya. Semua tergantung kalian.

0 Comments

Posting Komentar