Tips Perlengkapan Touring Yang Safety

Tips Perlengkapan Touring Yang Safety

tips perlengkapan touring yang safety

Dalam mengendarakan sepeda motor, tidak hanya membawa diri dan motornya saja tetapi harus menggunakan perlengkapan yang dapat mendukung safety riding di jalanan. Kita harus mempersiapkan segala sesuatu sebelum berkendara memang sangat penting, apalagi jika ingin melakukan perjalanan jarak jauh.

Untuk mengurangi tingkat resiko terjadinya kecelakaan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan juga diingat agar bisa mengurangi tingkat resiko kecelakaan. Seperti yang ada di bawah ini bukan berarti melindungi tetapi hanya mengurangi atau mempersiapkannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


Pada saat diperjalanan dengan menggunakan sepeda motor, kita tak akan pernah tahu apa yang terjadi pada diri kita. Maka dari itu ada baiknya brother wajib menggunakan perlengkapan berikut. Adapun beberapa pelengkapan untuk berkendara agar pada saat berkendara dapat menciptakan safety riding, simak artikel berikut.

Helm (Pelindung Kepala)


Sudah banyak macam dan jenis helm yang tersedia dan dijual di pasaran, sebenarnya dalam memilih sebuah helm yang aman dan nyaman, aman dengan memilih helm yang sudah bertanda “DOT” biasanya bagian dalamnya dan berlogo “SNI” juga nyaman pada saat kita gunakan.

Sangat tidak dianjurkan memakai helm proyek atau helm batok untuk dipakai pada saat berkendara sepeda motor, helm jenis half face pun kalau bisa dihindari untuk perjalanan keluar kota.

Jaket


Berbagai jenis jaket sekarang ini sudah hadir dalam macam - macam warna, bahan, dan model. Pilihlah jaket yang aman dan nyaman digunakan untuk keperluan anda pada saat berkendara.

Terutama pada saat melakukan perjalanan jauh, kita tidak akan mungkin membawa berbagai jaket dengan berbagai bahan, pilihlah yang menyerap keringat dan tidak tembus angin.

Jangan pernah memakai jaket dengan bahan yang tipis karena sangat berbahaya untuk tubuh jika angin tembus kedalam jaket.

Celana


Penggunaan celana pada saat berkendara sangat dianjurkan, apalagi harus terbuat dari bahan yang tebal seperti model jeans atau soft canvas.

Kedua bahan yang disebutkan tadi memiliki daya tahan gesekan yang lumayan baik, tetapi ada kekurangannya yaitu tidak terlalu nyaman dipakai pada saat matahari sedang terik.

Biasanya agar tidak langsung terkena terik matahari, pasanglah lapisan dari bahan katun disisi dalam celana agar dapat menyerap keringat dengan baik.

Biasanya kalau celana touring sudah dipasangkan beberapa pelindung tubuh diantaranya bagian lutut, pinggul samping, tulang kering, dan bagian belakang untuk melindungi tulang ekor.


Sepatu


Pada pemilihan sepatu yang benar untuk berkendara motor tidak hanya nyaman dipakai saja tetapi yang paling penting adalah lunaknya bagian sendi engkel bagian depan. Lebih baik menggunakan sepatu yang aman dan sudah memenuhi standar ISO.

Maksudnya ialah agar pada saat melakukan pengereman mendadak, kaki anda langsung menyalurkan tenaga ke tuas rem secara baik dan tidak tertahan kerasnya sepatu yang anda gunakan.

Syarat aman dan nyaman untuk sepatu memiliki klarifikasi sebagai berikut :

  • Jangan memakai sepatu yang bertali.
  • Model sepatu harus tinggi dan melewati mata kaki dan dapat melindungi tepat pada mata kaki.
  • Sepatu yang dibuat dari bahan alami atau terbuat dari kulit.
  • Memiliki pelindung di ujung jari atau toe cap.
  • Memiliki sirkulasi udara yang sangat baik dan mempunyai lapisan lembut disisi dalam sepatu.
  • Nyaman pada saat digunakan.

Sarung Tangan


Sarung tangan sangat berguna, selain sebagai pelindung tangan dan jari saat udara dingin dan hujan, berfungsi juga sebagai peredam resiko pada saat terjadi kecelakaan di jalan.

Kita kadang sadar atau tidak pada saat kecelakaan, telapak tangan kita yang akan menyentuh aspal untuk menahan tubuh kita pertama kali. Sama hal nya seperti pelindung lain, sudah banyak berbagai bahan, bentuk yang menarik, dan warna yang di pasarkan.

Dipasaran sendiri paling banyak yang tersedia adalah dari bahan synthetic dan kulit, sangat disarankan menggunakan yang berbahan kulit karena tidak meneruskan sifat panas kedalam telapak tangan, sedangkan bahan synthetic tidak terlalu kuat dan dapat menimbulkan rasa panas pada kulit tangan.

Penutup Hidung


Sudah banyak yang menjual penutup hidung, pilihlah penutup hidung yang dapat melindung hidung dari masuknya debu atau benda kecil lainnya yang ditimbulkan dari knalpot kendaraan lain dan jalanan.

Rompi Pelindung Dada


Rompi ini sangat berguna sebagai tambahan jaket untuk menahan angin agar tidak masuk kedalam tubuh yang dapat membahayakan tubuh dan juga sebagai pelindung dada dari benturan jika terjadi kecelakaan.


Harus selalu berkendara dengan safety riding agar dapat melindungi tubuh kita jika terjadi kecelakaan dan juga dapat meminimalisir angka kecelakaan di Indonesia ini.

Semoga artikel ini sangat berguna untuk semua yang membacanya dan dapat menambah wawasan tentang berkendara yang baik. Salam satu tapi banyak, keep safety riding.

Referensi : www.yamaha-megautama.com

0 Comments

Posting Komentar